Wednesday, February 8, 2017

Cara Dasar Setting Mikrotik Untuk Pemula

Mikrotik, hampir semua orang IT mengenal benda ini, Mikrotik adalah router yang dapat menghubungkan beberapa jaringan (Network). Dalam #jaringan yang lebih kompleks, Router digunakan untuk memilihkan jalan bagi paket data untuk mencapai komputer tujuan.

Apa yang Harus menjadi Modal Anda untuk belajar Mikrotik ?

Untuk menjadi ahli jaringan dengan mikrotik alangkah baiknya Anda sudah memiliki beberapa keahlian atau skill dalam bidang jaringan network Agar lebih mudah dan cepat mengerti, Jika sudah memahami konsep jaringan belajar mikrotik menjadi sangat mudah, kita hanya perlu mempelajari fitur-fitur dan Command Line bahkan kita juga bisa menggunakan winbox agar lebih mudah.
Beberapa Modal dasar untuk belajar mikrotik adalah :

  • Dasar jaringan
    Maksud dari pada pengetahuan dasar jaringan adalah Anda sudah bisa membuat jaringan LAN biasa untuk kepentingan sharing data, sharing printer (Print Server), kabel jaringan dan IP Address.
  • Internet
    Anda diharapkan sudah terbiasa menggunakan internet seperti browsing (menggunakan browser) dan menggunakan Download Manager merupakan nilai tambah, karena kita akan menguji hasil konfigurasi mikrotik kita dengan Browser dan Download Manager.
  • Uji Coba Jaringan
    Maksud dari pada uji coba jaringan disini adalah  menggunakan tool "Ping" untuk mengetahui terhubung atau tidak suatu komputer ke internet atau jaringan.
  • Dasar TCP/IP
    Ini adalah salah satu yang sering dilupakan pemula bahkan ada beberapa orang IT sering menganggap remeh dengan TCP/IP, Padahal ini sangat penting.
Modal diatas adalah sangat mendasar dalam memahami mikrotik, Namun anda tetap dapat terus mengikuti artikel ini walaupun Anda belum paham yang saya sebutkan diatas tadi.

Konfigurasi Dasar Mikrotik

Sebelum kita mulai untuk belajar konfigurasi dasar mikrotik ada baiknya kita memahami topologi dibawah ini untuk memahami konsep jaringan kita.

Dari topolologi diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa rancangan jaringan sangat sederhana bahkan kita dapat menambahkan hotspot untuk perangkat/device seperti laptop, handphone atau perangkat lainnya yang memiliki fitur wireless.

Login ke Router Mikrotik

Cara login ke mikrotik ada beberapa cara, tapi disini kita menggunakan Winbox. Download aplikasi winbox di 
http://download2.mikrotik.com/routeros/winbox/3.0rc6/winbox.exe
Klik dua kali aplikasi winbox yang sudah di download dan scan mac address


Setelah itu masukkan login admin dengan password dikosongkan saja.


Konfigurasi Interface
Saya anggap router mikrotik anda belum dikonfigurasi dan konfigurasi default sudah dihapus (remove). Untuk melihat status Interface jaringan pada router mikrotik, Anda dapat menggunakan perintah berikut pada terminal

[admin@MikroTik] > interface print
Flags: D - dynamic, X - disabled, R - running, S - slave 
 #     NAME                                TYPE       ACTUAL-MTU L2MTU
 0  R  ether1-gateway                       ether            1500  1600
 1  R  ether2-master-local                 ether            1500  1598
 2      ether3-slave-local                    ether            1500  1598
 3  R  ether4-slave-local                    ether            1500  1598
 4   S ether5-slave-local                     ether            1500  1598
 5  R  wlan1                                   wlan             1480
Kolom paling kiri (#) menandakan index, nomor ini berguna untuk menandakan interface mana yang akan dikonfigurasi, misal Anda ingin konfigurasi ether1, maka Anda harus memilih index 0, begitu juga yang lain.
Simbol yang ada di ether1 dan ether lainnya menandakan bahwa interface tersebut sedang berjalan atau running (kabel berfungsi dengan baik). Jika kabel tidak terhubung maka terlihat pada ether3, Untuk wlan1 adalah wireless, jadi jika ada laptop atau handphone terhubung maka lambang R.
Cara Mengganti Nama Interface Pada Mikrotik
Penamaan interface diatas sudah saya rubah sesuai kebutuhan jaringan saya, Anda juga dapat merubah nama interface dengan sangat mudah dan penamaan ini bertujuan agar kita mudah memahami jaringan kita.


[admin@MikroTik] > interface set 0 name=ether1
[admin@MikroTik] > interface set 1 name=ether2
[admin@MikroTik] > interface set 2 name=ether3
[admin@MikroTik] > interface set 3 name=ether4
[admin@MikroTik] > interface set 4 name=ether5
Nah, setelah Anda melakukan perubahan interface coba anda menggunakan perintah pertama tadi "interface print" untuk melihat perubahan yang telah Anda lakukan

Cara Menonaktifkan Interface Pada Mikrotik
Jika lambang didepan interface menandakan running atau sedang berjalan maka lambang didepan interface menandakan tidak aktif (disable), sebagai contoh kita akan menonaktifkan ether4
Berikut cara menonaktifkannya melalui terminal
[admin@MikroTik] > interface disable 4
Mari kita lihat sekarang interfacenya dengan menggunakan perintah "interface print", Apakah ether4 sudah ada lambang ?
Untuk mengaktifkannya kembali cukup gampang hanya menggunakan perintah "interface enable 4"

Jika Anda menggunakan winbox Anda dapat melakukan konfigurasi melalui menu interfaces

Untuk kali ini cukup sekian dulu cara mengkonfigurasinya.....

1 komentar:

  1. How to get to Borgata by Bus or Train from Las Vegas - JTM Hub
    From 경상북도 출장마사지 Las 영천 출장샵 Vegas McCarran, The Borgata has all 공주 출장샵 the action for every seat 창원 출장마사지 of 군포 출장샵 your The Borgata is operated by Atlantic City's Marina District, which is

    ReplyDelete